Ini saya tuliskan ketika mengambil mata kuliah jurnalisme untuk keperluan mengirimkan tulisan ke jurnal sosial teknologi. Semoga bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan referensi penyusunan biografi singkat. 

RIWAYAT SINGKAT PENULIS

Image

 

Levina Lailani Suprapto, atau wanita yang akrab disapa dengan panggilan “Ley” ini dilahirkan di Kota Medan, tanggal 29 Mei 1992. Ia menjalani 12 tahun awal kehidupannya di 2 kota yang terletak di Pulau Sumatera yaitu Lhokseumawe dan Medan. Di usianya yang ke 13 ia dikirim oleh orang tuanya untuk menempuh pendidikan di sebuah sekolah semi-militer di Bandung yaitu Sekolah Menengah Atas Terpadu Krida Nusantara. Saat riwayat singkat ini disusun, ia sedang menjalani semester ke-8 nya di Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung. Dibesarkan oleh orang tua yang selalu mendukung dan memfasilitasi hobi membacanya, membuat kehausannya akan membaca yang selalu dipenuhi bertransformasi menjadi inginnya ia menjadi seorang penulis dan tertarik dengan berbagai hal yang berkaitan dengan media.

Walaupun senang menulis, ia bukan termasuk orang yang berdisiplin untuk memproduksi suatu tulisan secara rutin. Untuk mendisiplinkan dirinya, ia mencoba untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dapat ia ikuti untuk melatih keterampilannya serta meningkatkan kapabilitas dan wawasannya mengenai cara dan etika menulis yang baik. Terpilih untuk bergabung di KOMPAS Muda Batch 4 dari ribuan orang yang mengajukan diri membuat ia mendapatkan pengalaman yang tidak sedikit dalam mempelajari pola pikir media, ilmu jurnalistik, analisis berbagai bentuk tulisan dan sebagian kehidupan kerja didalamnya. Walaupun tidak bercita-cita sebagai seorang wartawan, namun ia berharap agar menjadi seorang yang disiplin dalam memproduksi tulisan-tulisan yang orisinil dari sudut pandang yang jarang digunakan oleh orang lain seperti wartawan idolanya Wisnu Nugroho yang rajin menuangkan catatan hariannya akan hal-hal “tidak penting” yang ia soroti terutama ketika bertugas di Istana Kepresidenan Jakarta saat periode pertama pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.